Jumat, 21 Oktober 2011

Keunggulan dan fungsi dari produk/jasa “Membangun Webserver Menggunkan Debian 5.0(Lenny)”


Keunggulan dan fungsi dari produk/jasa “Membangun Webserver  Menggunkan Debian 5.0(Lenny)”
            Dari sistem operasi linux selain merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan setiap orang secara gratis. Linux juga mempunyai banyak keunggulan, antara lain :
  1. open source, linux memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal, atau mengubahnya sesuai dengan kebutuhan tanpa terkena sangsi property right di bawah lisensi GNU.
  2. freeware, hampir semua software yang digunakan gratis tanpa bayar sehingga menghemat biaya bagi penggunanya.
  3. minimal hardware, linux hanya memerlukan sedikitnya processor intel 386 DX, dengan ram minimal 8 Mb, serta kapasitas harddisk minimal 85 Mb.
  4. stabilitas yang bagus, contohnya di lingkungan kantor, linux biasa digunakan sebagai server. Jika sudah dikonfigurasikan dengan benar untuk perangkat keras, pada umumnya linux berjalan tanpa perlu reboot ( dihidupkan ulang ) hingga perangkat kerasnya tidak ada tegangan listrik atau memang sengaja dimatikan. Umur hidup sistem yang berkelanjutan hingga ratusan hari atau lebih merupakan hal yang sudah biasa.
  5. shared libraries, linux menggunakan shared libraris sehingga memungkinkan untuk menginstall versi baru linux tanpa merusak keterkaitan program lain. Sedangkan aplikasi windows menginstall aplikasi barunya dari DLL ( Dinamic Link Libraries ) sehingga berpengaruh kepada program lain.
  6. non fragmentasi, tanpa defrag dalam windows yang memungkinkan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat, mengedit, dan menghapus file tanpa khawatir terjadi fragmentasi pada data atau program yang ada. Hal ini karena linux memakai sistem file EXT2FS ( second extended file system ) yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis.
  7. kebal virus, linux mewarisi tradisi UNIX dengan mendukung adanya file permission ( izin file ), yang dapat mencegah perubahan atau penghapusan file tanpa seizin dari pemiliknya. Selain itu, linux juga merupakan sistem operasi terbuka sehingga rasa kebersamaan yang ditimbulkannya membuat linux adalah milik setiapa orang, bukan hanya milik pembuat atau pengembangnya.
  8. multiuser, linux dapat digunakan oleh satu atau lebih orang untuk menggunakan program yang sama atau berbeda dalam suatu mesin yang sama pada saat bersamaan, di terminal yang sama atau berbeda.


0 komentar:

Posting Komentar