Sabtu, 31 Maret 2012

PROFIL PEMAIN REAL MADRID | 7. CRISTIANO RONALDO


Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro
Tempat Tgl Lahir : Madeira (Portugal), 5 Februari 1985
Posisi : Striker
Tinggi : 186 cm
Klub sekarang : Real Madrid
Karir Klub :
Karir Junior:
1993-1995: Andorinha
1995-1997: Nacional
1997-2001: Sporting Lisbon
Karir Senior*:
2001-2003: Sporting Lisbon (25 main / 3 gol)
2003-2009: Manchester United (196 main / 84 gol)
2009-skrg: Real Madrid (64 main / 69 gol)
*main dan gol di ajang liga sampai 3 september 2011
Timnas Senior:
2003-skrg: Portugal (83 main / 29 gol)

Kehidupan Awal
Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Santo Antonio, Funchal, Madeira, Portugal yang merupakan anak bungsu dari Maria Dolores dos Santos Aveiro seorang juru masak dan Jose Dinis Aveiro seorang tukang kebun. Ia deberi nama “Ronaldo” karena ayahnya sangat mengidolai Presiden AS, Ronald Reagan. Ia memiliki satu kakak laki-laki, Hugo dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana yang dibesarkan neneknya, Isabel da Piedade dari Cape Verde.

Awal Karir
Pada usia delapan tahun, Ronaldo bermain untuk tim amatir Andorinha, di mana ayahnya bekerja. Pada tahun 1995, Ronaldo menandatangani kontrak dengan klub local Nacional dan setelah memenangkan beberapa gelar, ia melakukakan trial selama tiga hari dengan Sporting Lisbon yang kemudian dia menandatangani kontrak dengan Sporting.

Karir di Sporting Lisbon
Ronaldo bergabung dengan pemain muda lain Sporting untuk dilatih di Sporting Academia, klub akademi sepakbola di Alcochete. Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang pernah bermain untuk Sporting U-16, U-17, U-18, Sporting B, dan tim senior Sporting hanya dalam satu musim. Ia langsung mencetak dua gol dalam debut di liga pada 7 Oktober 2002 saat Sporting mengalahkan Moreirense 3-0. Pada tahun 2002, Ronaldo juga membela Portugal U-17 dalam Euro U-17.
Ketika Ronaldo berusia 15 tahun, ia didiagnosis mengalami masalah pada organ hatinya, suatu keadaan yang bisa memaksanya berhenti bermain sepakbola. Staf Sporting sadar akan kondisi tersebut dan ibu Ronaldo memberikan otoritasnya untuk segera berobat ke rumah sakit dan menjalani operasi. Ronaldo akhirnya menjalani operasi dengan dibantu sinar laser untuk memeriksa organ hatinya untuk mengetahui penyebabnya. Ia menjalani operasi pada pagi hari dan Ronaldo keluar dari rumah sakit pada sore harinya. Ronaldo dapat kembali berlatih beberapa hari setelah selesai menjalani operasi.
Bakat Ronaldo sebenarnya ditemukan pertama kali oleh manajer Liverpool waktu itu, Gerard Houllier pada usia 16 tahun. Tetapi Liverpool menolak untuk membawanya karena Ronaldo masih terlalu muda dan masih butuh waktu untuk mengembangkan keterampilannya. Namun, Ronaldo juga menarik perhatian pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson pada musim panas 2003. Ia terkesan dengan kemampuan Ronaldo waktu bermain dalam pertandingan persemian Stadion Jose Alvalade Lisbon. Kinerja Ronaldo membuat Manchester United segera merekrutnya.

Karir di Manchester United
Ronaldo menjadi pemain Portugal pertama yang bermain untuk Manchester United ketika ia menandatangani kontrak. MU harus mengeluarkan uang senilai 15 juta euro untuk menggaet Ronaldo yang waktu itu masih berusia 18 tahun. Ronaldo meminta kostum dengan no. 28 yang merupakan no yang sama ketika masih memperkuat Sporting Lisbon. Ia pernah menolak memakai kostum no. 7 karena no itu bisa menjadi tekakanan baginya karena sebelumnya dipakai oleh para pemain besar seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, dan David Beckham. Ronaldo mengatakan, “Setelah saya bergabung, manajer bertanya apa nomor yang saya inginkan? Saya mengatakan 28, tetapi Ferguson mengatakan, ‘Tidak, kamu akan memakai kostum no. 7’ dan nomor tersebut adalah no yang terkenal dan bisa menjadi tambahan motivasi. Saya seperti dipaksa, tetapi itu sebuah kehotmatan bagi saya.”
Ronaldo melakukan debut bagi MU sebagai pemain pengganti saat menang 4-0 atas Bolton Wanderers. Ia mencetak gol pertamanya untuk MU melalui tendangan bebas ke gawang Portsmouth saat menang 3-0 pada 1 November 2003. Ronaldo mengakhiri musim pertamanya di MU dengan mencetak gol pembuka dalam kemenangan 3-0 atas Millwall di Piala FA.
Ronaldo mencetak gol ke-1000 MU di Liga Inggris pada 29 Oktober 2005 saat dikalahkan Middlesbrough 1-4. Ia mencetak sepuluh gol di semua kompetisi dan penggemar memilihnya sebagai pemain muda terbaik tahun 2005. Ronaldo meraih gelar yang kedua di Inggris pada musim 2005-2006 saat menang 4-0 atas Wigan Athletic di Piala Liga.
Musim 2006-2007 menjadi musim yang bagus bagi Ronaldo, karena ia mampu mencetak 20 gol untuk pertama kalinya dan meraih gelar Liga Inggris pertamanya dengan MU. Pada bulan November dan Desember 2006, Ronaldo berturut-turut menerima penghargaan dari Barclays dengan menjadi pemain terbaik dalam dua bulan tersebut dan menjadi pemain ketiga yang mampu melakukannya setelah Dennis Bergkamp pada tahun 1997 dan Robbie Fowler pada tahun 1996. Dia mencetak gol ke gawang Manchester City pada tanggal 5 Mei 2007 sebagai pemasti gelar Liga Inggris pertama dalam empat tahun terakhir dan dia kembali terpilih sebagai pemain muda terbaik.
Pada Meret 2007 beredar rumor bahwa Real Madrid bersedia membayar 80 juta euro kepada Ronaldo dan gaji 120 ribu pounds per minggu. Apabila itu terjadi, Ronaldo akan menjadi pemain termahal di duina dan menjadi pemain yang menerima bayaran tertinggi dalam sejarah.
Ronaldo mengumpulkan berbagai gelar pribadi pada musim itu. Ia memenangkan penghargaan PFA Player of The Year dan PFA Young Player of The Year, ia sejajar dengan Andy Gray sebagai pemain yang menerima dua penghargaan ini sekaligus. Pada bulan April, ia kembali meraih penghargaan PFA Fans Player of The Year dan masuk ke dalam PFA Premier League 2006-2007.
Musim 2007-2008, Ronaldo menerima kartu merah pertamanya dalam pertandingan melawan Portsmouth dalam pekan kedua karena terprovokasi. Ronaldo mengatakan ia telah banyak belajar dari pengalaman dan tidak akan membiarkan pemain lain memprovokasi dirinya di masa mendatang. Setelah mencetak gol ke gawang mantan klubnya, Sporting di Liga Champions, Ronaldo juga menjadi pencetak gol kemenangan di masa injury time. Pada tahun 2007, Ronaldo berada di posisis runner-up Ballon d’Oro, kalah dari Kaka’ dan berada di posisi ketiga Pemain Terbaik Dunia versi FIFA di bawah Kaka dan Lionel Messi.
Ronaldo mencetak hat-trick pertamanya untuk MU dalam kemenangan 6-0 melawan Newcastle United pada tanggal 12 Januari 2008. Ronaldo mencetak 23 gol di liga. Pada tanggal 19 Maret 2008, Ronaldo menjadi kapten MU untuk pertama kalinya dalam sebuah kemenangan 2-0 atas Bolton dan mencetak dua gol kemenangan. Pada tanggal 29 Maret 2008, Ronaldo mencetak golnya yang ke 35 di semua ajang musim itu. Dalam final Liga Champions 2007-2008 pada 21 Mei 2008, Ronaldo mencetak gol pembuka pada menit ke-26 sebelum disamakan oleh Chelsea di babak kedua. Di babak adu pinalti Ronaldo gagal mencetak gol. Beruntung, tendangan pinalti penentu dari John Terry juga gagal, sehingga MU meraih juara Liga Champions. Pada musim 2007-2008 tersebut, Ronaldo mencetak total 42 gol di semua kompetisi, selisih empat gol dari pencapaian tertinggi di MU yang dicatat Denis Law pada musim 1963-1964.
Pada tanggal 5 Juni 2008, Sky Sports melaporkan bahwa Ronaldo telah menyatakan minat untuk pindah ke Real Madrid jika menawarkan jumlah yang sama pada tahun sebelumnya. MU mengajukan keluhan ke FIFA pada tanggal 9 Juni 2008 karena menuduh Real Madrid melakukan pendekatan secara illegal, tetapi FIFA menolak untuk melakukan tindakan apapun. Spekulasi transfer terus terjadi sampai tanggal 6 Agustus 2008 ketika Ronaldo menyatakan bahwa akan tetap bertahan setidaknya satu tahun lagi. Pada tanggal 7 Juli 2008, Ronaldo menjalani operasi pergelangan kaki di Academic Medical Center di Amsterdam. Ia kembali bermain pada 17 September 2008 ketika menghadapi Villarreal di Liga Champions sebagai pengganti Park Ji-Sung. Ronaldo mencetak gol pertama musim 2008-2009 pada 24 September dalam kemenangan 3-1 atas Middlesbrough di putaran ketiga Piala Liga. Pada 15 November 2008, Ronaldo mencetak golnya yang ke 100 dan 1001 di semua kompetisi untuk MU dalam kemenangan 5-0 atas Stoke City. Dengan gol tersebut, berarti Ronaldo sudah pernah membobol gawang 19 tim lain di Liga Inggris pada saat itu. Pada 2 Desember 2008, Ronaldo menjadi pemain pertama MU yang meraih gelar Ballon d’Oro setelah George Best pada tahun 1968. Dia mengumpulkan 446 poin, unggul atas Messi di posisi dua.
Pada tanggal 8 Januari 2009, Ronaldo mengalami kecelakaan mobil di terowongan dekat Manchester Airport. Ronaldo tidak mengalami luka serius. Empat hari kemudian, ia menjadi pemain pertama di Liga Inggris yang meraih gelar FIFA Player of The Year dan pemain kedua Portugal stelah Luis Figo pada tahun 2001. Di Liga Champions, MU kembali melangkah ke final, tapi dikalahkan oleh Barcelona 0-2.
Pada tanggal 11 Juni 2009, MU menerima tawaran sebesar 80 juta pounds dari Real Madrid untuk membeli Cristiano Ronaldo. Ronaldo juga telah mengungkapkan keinginannya untuk pindah. Hal itu dikonfirmasi oleh wakil dari keluarga Malcolm Glazer. Penjualan Ronaldo direstui oleh Alex Ferguson. Ketika Ronaldo menyelesaikan transfer ke Madrid, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Fergie yang telah membantunya dalam mengembangkan karirnya sebagai pemain, “Dia sudah seperti ayahku sendiri. Ia salah satu sosok yang paling penting dan berpengaruh dalam karir saya.”

Karir di Real Madrid C.F
Pada tanggal 26 Juni 2009, Real Madrid menegaskan bahwa Ronaldo akan bergabung dengan klub pada tanggal 1 Juli 2009 dari MU seharga 80 juta pounds stelah menyetujui kontrak dan akan diikat selama enam tahun. Kontrak Ronaldo bernilai 11 juta euro per tahun dan memiliki klausul buy out sebesar 1000000000 euro. Ronaldo diperkenalkan kepada publik pada tanggal 6 Juli 2009 dengan mengenakan kostum no. 9. Kostum tersebut diberikan langsung oleh legenda hidup Real Madrid, Alfredo Di Stefano. Perkenalan Ronaldo dihadiri langsung oleh sekitar 80 ribu fans di Santiago Bernabeu melampaui rekor Diego Maradona dengan 75.000 fans ketika diperkenalkan oleh Napoli pada tahun 1884.
Ronaldo melakukan debut di Madrid pada tanggal 21 Juli 2009 dalam kemenangan 1-0 atas Shamrock Rovers. Gol pertamanya dicetak satu minggu kemudian lewat tendangan pinalti saat menang 4-2 atas LDU Quito. Pada tanggal 29 Agustus 2009, Ronaldo melakukan debut di La Liga dan mencetak gol melalui tendangan pinalti saat melawan Deportivo La Coruna. Pada tanggal 15 September 2009, Ronaldo mencetak dua gol dari tendangan bebas dalam kemenangan 5-2 atas FC Zurich di Liga Champions. Pada tanggal 10 Oktober 2009, Ronaldo mengalami cedera pergelangan kaki ketika membela Timnas Portugal yang membuatnya absen hingga 25 November 2009. Ronaldo kembali tampil setelah cedera dalam pertandingan El Classico ke Barcelona. Pada tanggal 6 Desember, ia mendapatkan kartu merah pertamanya di Madrid saat menang 4-2 atas Almeria. Di akhir musim Ronaldo mencetak 26 gol di liga dan duetnya dengan Gonzalo Higuain menghasilkan 53 gol di liga atau yang tertinggi dalam sejarah klub.
Kepergian Raul Gonzalez ke Schalke 04 pada musim 2010-2011, membuat Ronaldo mengenakan kostum no. 7 dan julukan CR7 kembali melekat dalam dirinya. Pada tanggal 23 Oktober 2010, Ronaldo mencetak empat gol ke gawang Racing Santander. Gol itu merupakan gol berturut-turut dalam enam pertandingan di mana ia mencetak 11 gol. Ronaldo juga mencetak hat-trick saat menang 5-1 atas Athletic Bilbao. Ia kembali mencetak hat-trick di Copa Del Rey saat menang 8-0 atas Levante. Ronaldo memulai tahun 2011 dengan prospek yang sangat menjanjikan, terutama setelah Madrid mengakui bahwa ia dapat memecahkan rekor gol klub yang dipegang Hugo Sanchez. Ronaldo mencetak dua gol dalam kemenangan 3-2 atas Getafe. Ia melanjutkan aksinya dengan kembali mencetak hat-trick ke gawang Villarreal pada 9 Januari 2011. Ronaldo mempunyai kesempatan besar untuk melewati rekor gol dalam satu musim yang dipegang oleh Hugo Sanchez dengan 38 gol karena hingga bulan Januari 2011, ia sudah mencetak 22 gol. Namun, tak lama setelah itu, Ronaldo hanya mencetak dua gol dalam satu bulan. Selama periode tersebut, tendangan para pemain Madrid 12 kali membentur tiang gawang dan sebagian besar dari Ronaldo. Kemudian Ronaldo membuat comeback bagus setelah paceklik gol dengan kembali mencetak hat-trick saat menggilas Malaga 7-0 pada 3 Maret 2011. Di akhir pertandingan, CR7 mengalami cedera dan harus absen 10 hari. Pada bulan April ia kembali pascacedera dengan mencetak gol beruntun dalam tiga pertandingan dan memecahkan rekor gol pribadi miliknya dengan 42 gol di semua kompetisi saat membela MU. Dalam pertandingan El Classico di liga, Ronaldo mencetak satu gol lewat pinalti. Dan pada tanggal 20 April 2011, Ronaldo mencetak gol kemenangan dalam final Copa Del Rey menghadapi Barcelona. Gol tersebut akhirnya terpilih sebagai gol terbaik Real Madrid musim ini dalam jajak pendapat penggemar, Marca, dan situs resmi Real Madrid pada 7 Mei. Ronaldo kembali menunjukkan kehebatannya dengan mencetak empat gol saat mengalahkan Sevilla 6-2 di Ramon Sanchez Pizjuan. Dengan tambahan 4 gol tersebut, Ronaldo telah mencetak 46 gol di semua kompetisi musim 2010-2011. Tiga hari kemudian, CR7 untuk yang ke sekian kalinya mencetak hat-trick saat mengalahkan Getafe 4-1. Pada tanggal 15 Mei 2011 setelah mencetak dua gol melalui tendangan ke gawang Villarreal, ia menyamai rekor gol terbanyak dalam satu musim yang dipegang oleh Telmo Zarra dan Hugo Sanchez dengan 38 gol.
Pada tanggal 21 Mei 2011, ia mencetak dua gol dalam pertandingan terakhir La Liga musim 2010-2011 ke gawang Almeria. Sehingga ia mencetak 40 gol di liga dan meraih gelar El Pichichi atau top skorer La Liga. Dengan koleksi 40 gol tersebut, ia memenangkan trofi Sepatu Emas dan menjadi pemain pertama yang mampu dua kali meraihnya di dua liga yang berbeda.
Pada tanggal 17 Agustus 2011, Ronaldo mencetak golnya yang ke-100 untuk Real Madrid di semua ajang saat leg kedua Piala Super Spanyol melawan Barcelona. Ronaldo membuka musim 2011-2012 dengan mencetak hat-trick ke gawang Real Zaragoza dalam kemenangan 6-0.

Penghargaan
Manchester United
Premier League: 3
2006–07, 2007–08, 2008–09
FA Cup: 1
2003–04
League Cup: 2
2005–06, 2008–09
FA Community Shield: 1
2007
UEFA Champions League: 1
2007–08
FIFA Club World Cup: 1
2008
Real Madrid
Copa del Rey: 1
2010–11

Individual
UEFA Euro All-Star Team: 1
2004
Bravo Award: 1
2004
FIFPro Special Young Player of the Year: 2
2004, 2005
Portuguese Footballer of the Year: 1
2006–07
UEFA Team of the Year: 5
2003–04, 2006–07, 2007–08, 2008–09, 2009–10
Sir Matt Busby Player of the Year: 3
2003–04, 2006–07, 2007–08
FIFPro World XI: 4
2006–07, 2007–08, 2008–09, 2009–10
PFA Young Player of the Year: 1
2006–07
PFA Players' Player of the Year: 2
2006–07, 2007–08
PFA Fans' Player of the Year: 2
2006–07, 2007–08
PFA Premier League Team of the Year: 4
2005–06, 2006–07, 2007–08, 2008–09
FWA Footballer of the Year: 2
2006–07, 2007–08
Barclays Player of the Season: 2
2006–07, 2007–08
Premier League Player of the Month: 4
November 2006, December 2006, January 2008, March 2008
Premier League Golden Boot: 1
2007–08
Barclays Merit Award: 1
2007–08
UEFA Champions League Topscorer: 1
2007–08
European Golden Shoe: 2
2007–08, 2010–11
UEFA Club Forward of the Year: 1
2007–08
UEFA Club Footballer of the Year: 1
2007–08
FIFPro World Player of the Year: 1
2007–08
FIFA Club World Cup Silver Ball: 1
2008
Ballon d'Or: 1
2008
FIFA World Player of the Year: 1
2008
Onze d'Or: 1
2008
World Soccer Player of the Year: 1
2008
FIFA Puskás Award: 1
2009
Copa del Rey top goalscorer: 1
2010–11
La Liga top scorer: 1
2010–11

Apa Pendapat Kalian Tentang Ronaldo???

1 komentar: