Rabu, 23 November 2011

ARGUMEN DAN VALIDITAS ARGUMEN

ARGUMEN

Menyambung dari Materi sebelumnya tentang Pendahuluan Dari Logika Informatika.
lStudi Logika adalah suatu usaha untuk menentukan kondisi, dimana sesuatu diambil dari pernyataan-pernyataan yang diberikan dan disebut premis-premis (premeses),  untuk memperoleh suatu kesimpulan (conclusion) yang harus mengikuti atau sesuai dengan premis-premis tersebut.
Argumen adalah suatu usaha untuk mencari kebenaran dari suatu pernyataan berupa kesimpulan dengan berdasarkan kebenaran dari suatu kumpulan pernyataan yang disebut dengan premis-premis.

CONTOH ARGUMEN

Semua mahasiswa pandai
Iwan adalah mahasiswa
Dengan demikian , Iwan pandai

Semua manusia bermata empat
Anto seorang manusia
Dengan demikian, Anto bermata empat

Argumen pada contoh 1 di atas pasti diakatakan Logis karena pernyataan 1 dan 2 yang disebut premis-premis, diikuti oleh pernyataan berupa kesimpulan yang mengikuti dan berasal dari premis-premis.  Sedangkan pada contoh 2 akan menimbulkan perdebatan, walaupun kesimpulannya dengan jelas tetap mengikuti premis-premisnya.
Perlu diingat, logika yang dibahas hanya yang berhubungan dengan kesimpulan yang valid dan diperoleh dari prinsip-prinsip penalaran yang valid.

Jadi pada contoh 2 tetap dapat dikatakan valid karena kesimpulannya tetap mengikuti premis-premisnya dan validitasnya juga dapat dibuktikan dengan menggunakan aturan-aturan logika yang telah diterima keabsahannya.

Aturan-aturan logika yang menggunakan kaidah-kaidah matematika tersebut dipergunakan untuk membuktikan validitas suatu argumen sehingga disebut dengan Logika Matematika.  Agar manipulasi secara matematis dapat dilakukan dengan baik, maka pernyataan-pernyataan tersebut harus diubah menjadi simbol-simbol tertentu atau berbentuk ekspresi logika.

VALIDITAS ARGUMEN


Validitas Argumen adalah premis-premis yang diikuti oleh suatu kesimpulan yang berasal dari premis-premisnya dan bernilai benar.  Jadi, validitas dapat dibedakan dengan kebenaran dan kesimpulan.  Jika satu atau lebih premis-premis salah, maka kesimpulan dari argumen tersebut juga salah.  Validitas juga dapat diartikan tidak mungkin kesimpulan yang salah diperoleh dari premis-premis yang benar .

CONTOH VALIDITAS ARGUMEN

1. Semua mamalia adalah hewan berkaki empat
Semua manusia adalah mamalia
Dengan demikian, Semua manusia adalah hewan berkaki empat


Contoh diatas adalah argumen yang valid, tetapi dengan premis pertama yang bernilai salah.  Argumen tersebut tetap dianggap valid karena kesimpulannya tetap mengikuti premis-premisnya.

2. Ada jenis makhluk hidup berkaki dua
Semua manusia adalah makhluk hidup
Dengan demikian, Semua manusia berkaki dua

Contoh diatas adalah argumen valid dan juga menghasilkan kesimpulan yang benar karena mengikuti  premis-premisnya.

2 komentar:

  1. Belajar mengenai arti kata di sini dengan penjelasannya sob...

    BalasHapus
  2. Link balik dan follow sukses sobat silakan dicek di Sahabat CARDIACKU™

    BalasHapus