Minggu, 16 Oktober 2011

Contoh Project Work "INSTALASI PROXY SQUID MENGGUNAKAN UBUNTU 9.10" BAB 1


Contoh Project Work "INSTALASI PROXY SQUID MENGGUNAKAN UBUNTU 9.10" BAB 1
BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya Teknologi Informasi  dan semakin meningkatnya kebutuhan komunikasi global, sehingga diperlukan pengetahuan tentang teknologi Informasi itu. Untuk mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai informasi, maka diperlukan sebuah jaringan internet yang bisa di akses dengan mudah, cepat dan up to date. Melalui internet dapat diperoleh berbagai informasi. Informasi yang tersedia di dalamnya dapat dikatakan hampir tidak ada batasnya, baik itu informasi di bidang agama, seni, politik, maupun pendidikan.
Namun, dengan adanya internet atau warnet banyak yang menggunakan untuk tujuan  hal-hal yang negatif. Salah satunya membuka situs-situs yang merusak mental masyarakat .Seperti  halnya di warnet biasanya banyak komputer yang rusak akibat terinfeksi virus dari situs-situs tersebut.
Kemudian banyak pengguna warnet yang lain menjadi terganggu akibat komputer yang mereka pakai menjadi lambat dan bahkan tidak dapat dibuka. Dan juga kecepatan akses untuk membuka situs-situs yang bersifat positif menjadi lambat dikarenakan bandwidth yang didapat perclient berbeda-beda atau dengan istilah siapa cepat dia dapat.
 Jadi berdasarkan latar belakang di atas maka penulis berkeinginan untuk mengambil judul “INSTALASI PROXY SQUID MENGGUNAKAN UBUNTU 9.10”. Dengan adanya aplikasi Squid tersebut maka pelanggan tidak dapat mengakses situs-situs yang bersifat porno dan merusak mental dan juga pelanggan tidak dapat mendownload file-file tertentu dengan kecepatan yang tinggi.

1.2     Identifikasi Masalah
    Identifikasi masalah dari judul yang penulis ambil adalah :
1.        Kurangnya fasilitas  pendukung untuk mendapatkan informasi.
2.        Mahalnya fasilitas internet.


1.3     Perumusan Masalah
1.        Bagaimana keunggulan Proxy squid yang menggunakan Sistem Operasi Ubuntu 9.10  ?
2.        Bagaimana cara instalasi Sistem Operasi Linux Ubuntu ?

1.4     Batasan Masalah
Dalam project work ini yang dilakukan hanya pada konfigurasi proxy squid Menggunakan Ubuntu 9.10, yang fungsinya untuk membatasi akses pada internet. Selain itu proxy squid jiga dapat digunakan untuk membatasi kapasitas bandwith pada pengguna dan juga dapat mengatur waktu akses internet.

1.5     Tujuan dan Manfaat Project work/Tugas akhir
1.    Untuk mengetahui kegunlaan Proxy squid yang menggunakan Sistem Operasi Ubuntu 9.10.
2.    Untuk mengetahui cara instalasi Sistem Operasi Linux Ubuntu 9.10.

0 komentar:

Posting Komentar