Minggu, 18 Maret 2012

PROFIL PEMAIN REAL MADRID | 17. ALVARO ARBELOA


Nama Lengkap : Alvaro Arbeloa Coca
Tempat Tgl Lahir : Salamanca (Spanyol), 17 Januari 1983
Posisi : Bek
Tinggi : 183 cm
Klub sekarang : Real Madrid
Karir Klub
Karir Junior:
1995-2000: Real Zaragoza
2000-2003: Real Madrid
Karir Senior*:
2003-2006: Real Madrid Castilla (50 main / 1 gol)
2004-2005: Real Madrid (2 main / 0 gol)
2006: Deportivo La Coruna (20 main / 0 gol)
2007-2009: Liverpool (66 main / 2 gol)
2009-skrg: Real Madrid (52 main / 2 gol)
Timnas:
2008-skrg: Spanyol (26 main / 0 gol)
*main dan gol di liga (sampai 3 September 2011)

Alvaro Arbeloa mengawali karirnya di akademi Real Zaragoza pada tahun 1995. Pada tahun 2000 ia bergabung dengan akademi La Fabrica Academy Real Madrid.
Arbeloa menikahi kekasihnya, Carlota pada bulan Juli 2009 dan sudah dikaruniai seorang putri bernama Alba yang lahir pada tanggal 26 April 2010.

Awal Karir di Real Madrid
Setelah menandatangani kontrak dengan Real Madrid, Arbeloa mulai bermain untuk tim junior. Ia kemudian dipromosikan tapi hanya bermain sebanyak dua kali pada msuim 2004-2005.

Karir di Deportivo La Coruna
Pada tanggal 24 Juli 2006, Arbeloa bergabung dengan Deportivo La Coruna. Ia mengikuti langkah rekannya di RM Castilla, Roberto Soldado yang juga pergi dari Madrid ke Osasuna. Usai kepindahannya, Arbeloa mengatakan alasannya mengapa ia meninggalkan Real Madrid:

“Ini adalah situasi yang aneh bagi saya. Saya telah bermain untuk Real Madrid selama lima tahun sejak berusia 16 tahun. Tapi sudah waktunya bagi saya untuk pergi dari Madrid yang dipenuhi pemain terbaik dunia. Itu sangat bagus bagi klub, tapi itu sangat buruk bagi Cantera (pemain lulusan akademi). Hanya sedikit dari Cantera yang mampu menembus tim utama. Bahkan mereka yang mampu melakukannya seperti Alvaro Mejia dan Francisco Pavon hanya menjadi pilihan ketiga atau keempat, dan itulah sebabnya aku ingin mencari klub lain di mana aku bisa bermain secara regular. Di La Liga tentu saja La Coruna adalah salah satu klub terbaik di Spanyol dengan Joaquin Caparros sebagai pelatih kepala. Di sana aku akan dapat memiliki pengalaman dan mendapatkan yang lebih baik. Yang penting adalah bahwa saya memiliki keyakinan pada diriku dan aku menikmati waktu saya ketika di Madrid. Aku juga berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya. Saya meninggalkan Real Madrid untuk bermain sepak bola yang lebih baik lagi, tidak ada alasan lain.”

Karir di Liverpool
Pada tanggal 31 Januari 2007, Arbeloa resmi bergabung dengan klub Inggris, Liverpool dengan transfer 4 juta euro. Real Madrid menerima 50% dari hasil penjualan Arbeloa. Ia membuat debut di Liga Inggris pada laga melawan Newcastle United. Arbeloa masuk menggantikan Jermaine Pennant. Arbeloa untuk pertama tampil full-time ketika bertandang ke Barcelona dalam pertandingan Liga Champions. Ia main sebagai bek kiri. Ini dilakukan Benitez untuk alasan taktis, karena Arbeloa mempunyai kaki kanan yang kuat dan ditugaskan menghentikan pergerakan Lionel Messi, karena Messi memiliki kecenderungan untuk menusuk ke tengah lapangan. Permainannya yang bagus dalam menjaga Messi membuat Liverpool menang 2-1 atas Barcelona. Ia mencetak gol pertamanya untuk Liverpool waktu melawan Reading pada 7 April 2007. Arbeloa juga turut membawa Liverpool lolos ke final Liga Champions sebelum ditaklukkan AC Milan 2-1.
Musim berikutnya Arbeloa mengganti no punggungnya dari 2 menjadi 17. Arbeloa menjadi bagian tim inti Liverpool dan bekerja sangat baik dalam kemengan melawan Manchester United dan Chelsea.
Pada tanggal 18 Mei 2009 dalam pertandingan melawan West Brom, Arbeloa terlibat bentrokan dengan rekannya, Jamie Carragher dan harus dipisahkan oleh Xabi Alonso, Pepe Reina, Dani Agger, dan Emiliano Insua. Carragher menjelaskan bahwa dia bentrik dengan Arbeloa sebagai bagian dari pembelaan karena Arbeloa menyalahkannya dari ancaman kebobolan Liverpool, “Kami ingin menjaga clean sheet Pepe Reina dan kami ingin memiliki kesempatan untuk meraihnya empat kali.” Manajer Rafael Benitez menolak berkomentar soal insiden tersebut.

Kembali ke Real Madrid
Pada tanggal 29 Juli 2009 diumumkan bahwa Real Madrid dan Liverpool telah sepakat tentang transfer Arbeloa ke Madrid dengan transfer 5 juta pounds dan dikontrak lima tahun. Kepergian Michel Salgado ke Blackburn membuat kostum no. 2 diwariskan kepada Arbeloa. Madrid sering memainkan Arbeloa sebagai bek kiri karena kurangnya pemain berpengalaman di posisi itu. Arbeloa mencetak gol pertamanya untuk Madrid pada 13 Februari 2010 saat menag 3-0 atas Xerez. Gol kedua lahir dalam derbi Madrid melawan Atletco Madrid pada tanggal 28 Maret 2010. Arbeloa juga mencetak satu gol di Liga Champions saat menang atas Ajax Amsterdam.

Penghargaan:
Klub
Real Madrid
Copa del Rey: 2010–11
Timnas:
Spain
FIFA World Cup: 2010
UEFA European Championship: 2008

Apa Pendapat Kalian Tentang Arbeloa???

0 komentar:

Posting Komentar