Sabtu, 22 Oktober 2011

Tips Membeli BlackBerry

Tips Membeli BlackBerry Bekas

– Siapa yang tidak mau membeli BlackBerry Baru. Tetapi karena dana yang terbatas, segelintir orang akan tertarik dengan BlackBerry bekas pakai.

Tidak semua BlackBerry bekas pakai itu jelek kondisinya. Akan tetapi biasanya dengan harga yang jauh dibawah harga BlackBerry baru, maka akan menjadi daya tarik bagi si pembeli untuk meminang BlackBerry bekas.
Sedikit mengenai smartphone BlackBerry, BlackBerry itu punya identitas lain selain IMEI yaitu PIN. Dimana PIN tersebut digunakan untuk berkomunikasi seperti BlackBerry Messenger (BBM) atau pun PIN message. Banyak sekarang ini yang menjual BlackBerry bekas tetapi tidak jelas asal muasalnya. Yang ditakutkan
adalah BlackBerry tersebut merupakan PIN cloning atau PIN tersebut bukan bawaan asli dari RIM. Apa kerugian yang didapat? PIN cloning dapat menyebabkan BlackBerry tersebut di suspend oleh RIM sehingga BlackBerry tersebut tidak bisa diaktifkan untuk layanan BIS-nya.
Bagaimana caranya kita mengetahui BlackBerry tersebut memang tidak bermasalah?
  • Pastikan BlackBerry tersebut mempunyai identitas IMEI, PIN yang sama dengan yang tertera di dus, didalam tempat memasang baterai dan juga di status ketika BlackBerry tersebut dinyalakan. Usahakan membeli BlackBerry bekas lengkap semua kelengkapannya
  • Pastikan juga BlackBerry tersebut tidak pernah terjatuh bisa terlihat dari housing apakah ada baret, penyok dan sebagainya.
  • Apakah BlackBerry tersebut pernah tersiram air? Bisa dilihat di stiker indicator air yang biasanya terletak pada sisi dalam tempat memasang baterai. Apabila berwarna putih berarti belum terkena air. Apabila berwarna merah, positif pernah terkena air. Tetapi tidak menjadi jaminan,bisa jadi memang sudah pernah diganti housing-nya sehingga tidak tampak pernah terkena air.
  • Cek dengan menggunakan kartu GSM dengan kondisi BIS Aktif. Disini akan terlihat apakah BlackBerry anda suspend atau tidak. Apabila terkoneksi "GPRS" maka seharusnya BlackBerry Anda aman dari suspend. Tapi apabila "gprs", maka patut dipertanyakan apakah ini suspend atau tidak. Pastikan ketika melakukan pengetesan jaringan sedang dalam kondisi normal.
  • Pastikan BlackBerry bekas yang Anda beli bukan BlackBerry dari hasil colongan. Karena apabila bekas colongan, ditakutkan akan di Bom PIN message dari teman-teman pemilik sebelumnya yang kecopetan. Maksud dari Bom PIN adalah pengiriman PIN message secara berulang-ulang hingga ribuan kali sehingga membuat BlackBerry anda menjadi berat dan isinya penuh dengan pesan bahwa BlackBerry ini colongan.
Sedikit panduan diatas mudah-mudahan bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin membeli BlackBerry bekas pakai. Meskipun tidak menjamin 100% akurat tetapi apabila memang mau membeli BlackBerry bekas, usahakan
BlackBerry tersebut jelas kepemilikan sebelumnya, atau ajaklah teman Anda yang mengerti mengenai BlackBerry. Karena jaman sekarang banyak sekali yang mengambil kesempatan untuk melakukan penipuan dalam menjual BlackBerry bekas.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar